Posted by: teddykw | 1 March, 2008

Faktor Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen


 Menurut James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam Saladin (2003 : 19) terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :

  1. Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
  2. Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
  3. Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.
About these ads

Responses

  1. kelompok acuan yang terkait dengan pemasaran apasaja

  2. Aduh maaf, saya agak kurang paham dengan maksud pertanyaan ini. Yang dimaksud dengan kelompok acuan apa dan dalam hal apa? Bisa diperjelas?

    Atau mungkin ada sahabat lain yang hendak berbagi?

  3. tolong dunk,dalam faktor internal itu apa saja dan variabel yang bisa di jadikan kuisoner itu apa saja,kalo bisa eksternalnya juga….thanks

  4. Yaitu tadi: motivasi, keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Sedangkan faktor eksternalnya: budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi.

  5. kira – kira untuk pemasaran produk baru di Indonesia, apakah teori pamasaran umum yang sebaiknya digunakan, ataukah sebaiknya saya tidak memnpergunakan terlalu banyak teori dalam memasarkan produk saya yang berupa tanaman hias? terima kasih atas masukan anda

  6. tergantung dengan apa yang Anda maksud dengan “baru”. Apakah produk “baru” yang benar-benar inovatif (belum ada sebelumnya) atau “usaha baru”. Informasinya kurang spesifik. (usahanya dimana? berapa luas target pasar? dsb.) Tapi coba lihat postingan saya yang berjudul “Periklanan berdasarkan Tahapan Daur Hidup Produk
    Sedangkan tentang bagaimana memasarkan tanaman hias: Teori kalau diaplikasikan boleh jadi membantu banyak. Tapi memang keberanian berusaha akan membekaskan banyak pengalaman yang bernilai. Karena – lagi-lagi – informasinya kelewat sedikit, saya hanya bisa menyarankan jalani saja. Dengan berlalunya waktu, Anda akan belajar banyak dari kasus demi kasus. Tapi yang sudah pasti memasarkan tanaman hias di mall, di jalan raya, di lokasi perumahan, pendekatannya pasti berbeda-beda. Sukses buat Anda!

  7. cuma saran neh.
    tolong mas buatinlah rssnya, soalnya terpaksa nyari terus pake google blog finder.
    maaf jika ada kata yang salah
    terima kasih

  8. apa perbedaan antara budaya dengan sosial?kadang ada yang menyatakan sosial budaya?apakah sama sosial dengan budaya?dan apa perbedaan antara pribadi dan psikologis?

  9. mas mau nanya nih..
    saya lagi mneliti ttg perilaku konsumen dalam pembelian kartu prabayar ponsel. varabel: perilaku konsumen (Y); harga (X1), atribut produk (x2), elompok acuan (X3), Promosi (X4). mau susun kuisionernya agak bingung. kalau mau tanya ttg variabel Y(perilaku konsumen) bisa bagi contoh soalnya ya?? bingung??? bantuin ya…

  10. Mas teddy yang baik…amu tanya nih…begini saya pingin ambnil tesis tentang Faktor2 yang mempengaruhi Investor dalam Membeli saham… bisa nggak pake teori faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen,..bantuin ya…karena belum ada tesis tentang itu yang bisa saya jadikan acuan.

  11. tentu saja bisa, bukankah di mata penjual saham para investor adalah konsumen target. ok

  12. Mau tanya dunk, kenapa marketing intermediries dan public adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pemasaran?
    jawab cepet yah… hihihi dapet tugas neh…thanks

  13. Mas, kalo perusahaan Jasa, perilaku konsumen atas pelayanan yang diterima menilainya pake teori yg mana? Rencana tesis nya tentang pelayanan Security Bandara terhadap Perilaku Penumpang Pesawat Udara.

  14. bisa di jelaskan gak mengenai factor2 sosial dalam pemasaran? thanks bgt

  15. perbanyak lagi dpng bahannya

    makasih…!

  16. mau tanya, kalau interpersonal,komunikasi interpersonal masuk yang mana yah…butuh buat skripsi soalnya…bingung, karena yang paling mendekati adalah punya si engel n blackwell, mungkin punya referensi tokoh lain tentang keputusan membeli ini, terimakasih

  17. Bisa dijelaskan ga wujud konkrit dari perilaku konsumen?
    Thx

  18. [...] https://teddykw2.wordpress.com/2008/03/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/ [...]

  19. [...] Sumber: https://teddykw2.wordpress.com/2008/03/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/ [...]

  20. OM TEDDY ADA REFERENSI LAINNYA GAK YA?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: