Posted by: TandaMata BDG | 17 June, 2008

Pemasaran Berbasis Data Pelanggan


Basis data pelanggan adalah kumpulan data komprehensif yang ter­organisir tentang pelanggan dan calon pelanggan individual yang terkini, dapat diakses, dan dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran seperti identifikasi calon pelanggan, kualifikasi calon pelanggan, penjualan produk atau jasa, atau pemeliharaan hubungan pelanggan.

Pemasaran berbasiskan data pelanggan adalah proses pembentukan, pemeliharaan, serta pema­kaian basis data pelanggan dan basis data lain (produk, pemasok, pedagang kembali/reseller) dengan tujuan untuk berhubungan dan bertransaksi.

Basis data pelanggan bukanlah kumpulan daftar alamat pelanggan. Daftar alamat pelanggan hanyalah kumpulan nama, alamat, dan nomor telepon. Basis data pelanggan memuat jauh lebih banyak informasi. Dalam pemasaran bisnis-ke-bisnis, profil pelanggan terdiri dari barang dan jasa yang telah dibeli pelanggan; volume dan harga terdahulu; kontak kunci (usia, ulang tahun, hobi, dan makanan kegemaran mereka); pesaing kompetitif; status kontrak saat ini; perki­raan pengeluaran pelanggan untuk lima tahun mendatang; serta perkiraan kualitatif atas kekuatan dan kelemahan pesaing dalam melayani dan menjual kepada pelanggan. Dalam pemasaran konsumen, basis data pelanggan terdiri dari data demografis (usia, penghasilan, anggota keluarga, tanggal lahir), psikografis (aktivitas, minat, dan opini), pembelian terdahulu, serta informasi individual lain yang relevan.

Basis data pelanggan yang dikembangkan dengan baik menjadi aset eksklusif yang dapat memberikan keunggulan bagi perusahaan. Dengan memanfaatkan informasi dalam basis data pelanggannya, perusahaan dapat meraih jauh lebih banyak ketepatan pasar sasaran daripada yang dapat diper­oleh dengan menggunakan pemasaran masal, pemasaran segmen, atau pemasaran relung pasar (niche marketing). Perusahaan dapat mengidentifikasi pelanggan yang akan mendapatkan tawaran dan komunikasi pemasaran yang telah diselaraskan dengan kebutuhan mereka.

Pemasaran berbasiskan data pelanggan merupakan salah satu hal yang khas yang membedakan antara pemasaran masal dengan apa dinamakan pemasaran satu-lawan-satu. Perusahaan yang mengenal pelanggan individual mereka dapat menyesuaikan produk, tawaran, pesan, metode pengiriman, dan metode pembayaran mereka supaya dapat memaksimalkan daya tarik bagi pelanggan.


Responses

  1. Pak, apakah pemasaran berbasis data pelanggan bisa diterapkan pada usaha kecil-kecilan atau hanya untuk perusahan besar yang sudah berkembang.
    Maaf ni pak. Saya punya usaha kecil-kecilan. Ngurusin STNK (semacam biro jasalah). Saya sudah pasang plang, tapi masih jarang yang datang. Tapi dari yang pernah pesan, datanya (beberapa) masih saya simpan (ini data base bukan?), Tapi terus terang saya sendiri tidak tahu untuk apa dan harus diapain. Mohon petunjuk.

  2. Pemasaran berbasis data pelanggan bisa diterapkan untuk berbagai jenis usaha. Tidak ada hubungannya dengan besar kecilnya usaha.
    Langkah Anda menyimpan data pelanggan sudah benar. Hanya, bagaimana memanfaatkannya sebagai alat pemasaran ….. sepertinya Anda harus bersabar menunggu. Ruang komentar ini terlalu sempit untuk menjelaskan panjang lebar. Saya rada tertarik menuangkan tulisan khusus untuk mengupas permasalahan yang Anda hadapi. Setuju?

  3. […] ini digagas dari sebuah pertanyaan pada comment yang muncul dipostingan saya tentang Pemasaran Berbasis Data Pelanggan. Banisadr, begitu ia menyebut jati dirinya. Saat ini – konon — ia tengah mengembangkan […]

  4. pak saya punya usaha advertising, dan kebetulan didaerah saya usaha yang sejenis semakin menjamur. kira2 bagaimana caranya untuk memanfaatkan database pelanggan sebagai point tambah dalam peningkatan pelayanan pelanggan khususnya untuk usaha saya pak?

  5. pak saya ada tugas,, bagaimana hubungan antara direct sales dengan komunikasi bisnis?thx

  6. nice artikel

  7. wah penting juga ternyata data pelanggan, dulu setiap pendatang selalu di data, karena belum tahu apa manfaatnya jngka panjang akhir nya dibiarin lagi. sekrang harus di catat lebih teliti data pelangan ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: