Menurut James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam Saladin (2003 : 19) terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
-
Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
-
Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
-
Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.
kelompok acuan yang terkait dengan pemasaran apasaja
By: zie on 9 March, 2008
at 4:52 pm
Aduh maaf, saya agak kurang paham dengan maksud pertanyaan ini. Yang dimaksud dengan kelompok acuan apa dan dalam hal apa? Bisa diperjelas?
Atau mungkin ada sahabat lain yang hendak berbagi?
By: teddykw on 10 March, 2008
at 4:54 am
tolong dunk,dalam faktor internal itu apa saja dan variabel yang bisa di jadikan kuisoner itu apa saja,kalo bisa eksternalnya juga….thanks
By: yohanes on 20 March, 2008
at 6:12 pm
Yaitu tadi: motivasi, keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Sedangkan faktor eksternalnya: budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi.
By: teddykw on 21 March, 2008
at 4:07 pm
kira – kira untuk pemasaran produk baru di Indonesia, apakah teori pamasaran umum yang sebaiknya digunakan, ataukah sebaiknya saya tidak memnpergunakan terlalu banyak teori dalam memasarkan produk saya yang berupa tanaman hias? terima kasih atas masukan anda
By: ramadhani on 28 March, 2008
at 1:17 pm
tergantung dengan apa yang Anda maksud dengan “baru”. Apakah produk “baru” yang benar-benar inovatif (belum ada sebelumnya) atau “usaha baru”. Informasinya kurang spesifik. (usahanya dimana? berapa luas target pasar? dsb.) Tapi coba lihat postingan saya yang berjudul “Periklanan berdasarkan Tahapan Daur Hidup Produk”
Sedangkan tentang bagaimana memasarkan tanaman hias: Teori kalau diaplikasikan boleh jadi membantu banyak. Tapi memang keberanian berusaha akan membekaskan banyak pengalaman yang bernilai. Karena – lagi-lagi – informasinya kelewat sedikit, saya hanya bisa menyarankan jalani saja. Dengan berlalunya waktu, Anda akan belajar banyak dari kasus demi kasus. Tapi yang sudah pasti memasarkan tanaman hias di mall, di jalan raya, di lokasi perumahan, pendekatannya pasti berbeda-beda. Sukses buat Anda!
By: teddykw on 29 March, 2008
at 3:54 pm
cuma saran neh.
tolong mas buatinlah rssnya, soalnya terpaksa nyari terus pake google blog finder.
maaf jika ada kata yang salah
terima kasih
By: ramadhani on 10 April, 2008
at 2:42 pm
apa perbedaan antara budaya dengan sosial?kadang ada yang menyatakan sosial budaya?apakah sama sosial dengan budaya?dan apa perbedaan antara pribadi dan psikologis?
By: dewi on 27 May, 2008
at 9:27 am
mas mau nanya nih..
saya lagi mneliti ttg perilaku konsumen dalam pembelian kartu prabayar ponsel. varabel: perilaku konsumen (Y); harga (X1), atribut produk (x2), elompok acuan (X3), Promosi (X4). mau susun kuisionernya agak bingung. kalau mau tanya ttg variabel Y(perilaku konsumen) bisa bagi contoh soalnya ya?? bingung??? bantuin ya…
By: tatia on 9 July, 2008
at 1:26 pm
Mas teddy yang baik…amu tanya nih…begini saya pingin ambnil tesis tentang Faktor2 yang mempengaruhi Investor dalam Membeli saham… bisa nggak pake teori faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen,..bantuin ya…karena belum ada tesis tentang itu yang bisa saya jadikan acuan.
By: bintari on 5 September, 2008
at 2:38 am
tentu saja bisa, bukankah di mata penjual saham para investor adalah konsumen target. ok
By: teddykw on 6 September, 2008
at 3:39 am
Mau tanya dunk, kenapa marketing intermediries dan public adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pemasaran?
jawab cepet yah… hihihi dapet tugas neh…thanks
By: imel on 11 October, 2008
at 3:24 pm
Mas, kalo perusahaan Jasa, perilaku konsumen atas pelayanan yang diterima menilainya pake teori yg mana? Rencana tesis nya tentang pelayanan Security Bandara terhadap Perilaku Penumpang Pesawat Udara.
By: mita on 7 January, 2009
at 1:06 pm
bisa di jelaskan gak mengenai factor2 sosial dalam pemasaran? thanks bgt
By: putra on 12 February, 2009
at 3:09 pm
perbanyak lagi dpng bahannya
makasih…!
By: careem on 18 February, 2009
at 2:06 pm
mau tanya, kalau interpersonal,komunikasi interpersonal masuk yang mana yah…butuh buat skripsi soalnya…bingung, karena yang paling mendekati adalah punya si engel n blackwell, mungkin punya referensi tokoh lain tentang keputusan membeli ini, terimakasih
By: dipta on 12 April, 2010
at 2:54 am
Bisa dijelaskan ga wujud konkrit dari perilaku konsumen?
Thx
By: QQ on 16 April, 2010
at 4:40 am
[…] https://teddykw2.wordpress.com/2008/03/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/ […]
By: Memahami konsumen « charlie.kitty on 2 November, 2010
at 1:22 pm
[…] Sumber: https://teddykw2.wordpress.com/2008/03/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/ […]
By: Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen « Ryanbunny’s Blog on 8 November, 2010
at 7:12 am
OM TEDDY ADA REFERENSI LAINNYA GAK YA?
By: iyano on 26 November, 2010
at 1:45 pm
[…] .blogspot.com/ Faktor Utama yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Faktor Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen […]
By: MAKALAH MEMAHAMI PERILAKU KONSUMEN - jebidal.com on 22 June, 2016
at 4:57 pm